mechanisme

mechanisme
MECHANICAL ENGINNERING

Selasa, 05 April 2011

Etika Profesi

ETIKA PROFESI
A. PENGERTIAN ETIKA 
Etika adalah Kebiasaan Hidup Yang Baik , baik dari diri seseorang maupun kepada masyarakat atau kelompok masyarakat, etika juga berkaitan nilai - nilai , Tata cara hidup yang baik, aturan hidup yang baik dan segala kebiasaan yang dianut dan diwariskan dari satu orang ke orang yang lain, bisa juga dari satu generasi ke generasi yang lain.
Etika juga mirip dengan MORALITAS,Moralitas berasal dari kata Latin yaitu mos dalam bentuk jamaknya mores yaitu adat-istiadat dan kebiasaan juga.
Menurut saya ,dalam pengertian cara Teoritis Etika dapat dibedakan dalam 2( DUA ) Pengertian yaitu :
1. Etika sendiri berasal dari Yunani ( ethos )dalam bentuk jamaknya ( ta etha ) berarti adat - istiadat atau
    kebiasaan  
 pemahaman saya serta kesimpulan saya : dalam belajar Etika serta Moralitas ini yang berdasarkan bagi saya sebuah Sistem Nilai tentang bagaimana manusia hidup dengan baik yang sebagai manusia yang telah diinstitusionalisasikan dalam sebuah adat kebiasaan yang kemudian terwujud dalam pola perilaku yang ajek dan terulang dalm kurun waktu yang lama sebagaimana layaknya sebuah kebiasaan. 
2. Etika juga dapat dimengerti sebagai filsafat moral 
    Etka dalam pengertian ini lebih normatif dan karena itu lebih mengikat setiap pribadi manusia. ia berkaitan dengan sebuah perintah dan larangan langsung yang bersifat kongkret. dalam sebuah filsafat Etika sangat menekankan pendekatan kritis dalam melihat dan menggumuli nilai dan norma moral serta permasalahan -permasalahan moral yang timbul dalam kehidupan manusia " khusunya dalam masyarakat ".
B. PENGERTIAN PROFESI 
Profesi dapat diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan sebagai nafkah hidup dengan mengandalkan keahlian dan keterampilan yang tinggi dan dengan melibatkan komitmen pribadi (moral) yang mendalam. Jadi orang profesional adalah orang yang melakukan suatu pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan keahlian dan keterampilan yang tinggi serta punya komitmen pribadi yang mendalam atas pekerjaannya itu.
Ada tiga hal yang membedakan pekerjaan seorang profesional sebagai sebuah profesi dan pekerjaan sebagai sebuah hobi. Pertama, pekerjaan sebagai hobi dijalankan terutama demi kepuasan dan kepentingan pribadi. Kedua, pekerjaan sebagai hobi tidak memiliki dampak dan kaitan langsungyang serius dengan kehidupan dan kepentingan orang lain. Ketiga, pekerjaan sebagai hobi bukan merupakan sumber utama dari nafkah hidupnya.
C.  PENGERTIAN ETIKA PROFESI
Dari pengertian etika dan profesi di atas, dapat disimpulkan bahwa etika profesi adalah tata cara, aturan-aturan atau norma-norma yang mengatur mengenai bidang pekerjaan seseorang sehingga timbul sinergi yang kondusif baik dari sesama profesi maupun dari profesi yang satu dengan profesi yang lain.
Suhrawadi Lubis (1994: 13) menyatakan bahwa yang menjadi tujuan pokok dari rumusan etika dalam kode etik profesi antara lain :
a. Standar-standar etika, yang menjelaskan dan menetapkan tanggung jawab kepada l lembaga dan masyarakat umum.
b. Membantu para profesional dalam menentukan apa yang harus mereka perbuat dalam mengahadapi dilema pekerjaan mereka.
c. Standar etika bertujuan untuk menjaga reputasi atau nama para profesional.
d. Untuk menjaga kelakuan dan integritas para tenaga profesi.
e. Standar etika juga merupakan pencerminan dan pengharapan dari komunitasnya, yang menjamin pelaksanaan kode etik tersebut dalam pelayanannya.
f. Standar-standar etika mencerminkan / membayangkan pengharapan moral-moral dari komunitas, dengan demikian standar-standar etika menjamin bahwa para anggota profesi akan menaati kitab UU etika (kode etik) profesi dalam pelayanannya
g. Standar-standar etika merupakan dasar untuk menjaga kelakuan dan integritas atau kejujuran dari tenaga ahli profesi
h. Perlu diketahui bahwa kode etik profesi adalah tidak sama dengan hukum (atau undang-undang). Seorang ahli profesi yang melanggar kode etik profesi akan menerima sangsi atau denda dari induk organisasi profesinya
KONTRADIKSI ETIKA MASYARAKAT
KODE ETIKNYA :
Kira-kira Adakah yang pernah mendengarkan tidak apa itu PII? PII yaitu kepanjangan dari yaitu  (Persatuan Insinyur Indonesia)
Baru mendengarkan tidak ? saya aja baru tau Insinyur ada persatuannya.. Itu juga tau dari dosen pas nmemberi  tugas ini pada mata kuliah etika ini.
Dan Ternyata insinyur juga punya kode etik juga , tdinya saya pikir juga cuma ada kode etik jurnalistik saja ,tiba-tiba  ternyata kode etik insinyur juga ada toh..
Biasanya kode etik insinyur indonesia itu disebut juga dengan  gini, "Catur Karsa Sapta Darma Insinyur Indonesia" Dan kode etik insinyur itu diantaranya ada prinsip-prinsip dasar dan tuntunan sikap,
yang isinya antara lain sebagai berikut:
Untuk prinsip dasarnya yaitu:
  1. Mengutamakan Keluhuran Budi.
  2. Menggunakan Pengetahuan dan Kemampuannya untuk kepentingan dan kesejahteraan umat manusia.
  3. Bekerja secara sungguh-sungguh untuk kepentingan masyarakat, sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.
  4. Meningkatkan kompetensi dan martabat berdasarkan keahlian profesional keinsinyuran.
Sedangkan Tuntunan sikapnya adalah:
  1. Insinyur Indonesia senantiasa mengutamakan keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
  2. Insinyur Indonesia senantiasa bekerja sesuai dengan kompetansinya.
  3. Insinyur Indonesia hanya menyatakan pendapat yang dapat dipertanggung jawabkan.
  4. Insinyur Indonesi senantiasa menghindari terjadinya pertentangan kepentingan dalam tanggung jawab tugasnya.
  5. Insinyur Indonesia senantiasa memegang teguh kehormatan, integritas dan martabat profesi.
  6. Insinyur Indonesia senantiasa mengembangkan kemampuan profesionalnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar